Astiani, Florentina and Bahar, Amrul and Hermansyah, Amir (2018) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FLORENTINA ASTIANI.pdf [thumbnail of SKRIPSI FLORENTINA ASTIANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FLORENTINA ASTIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
pada pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe student fasilitator and explaining (SFE) dan tipe student teams
achievement division (STAD) pada pokok bahasan tata nama senyawa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan
populasi yaitu kelas X MIPA di SMAN 9 Kota Bengkulu semester genap
tahun ajaran 2017/2018 sedangkan sampel adalah kelas X MIPA 2 dan
kelas X MIPA 4 yang didapat dari hasil uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan
posttest. Analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata, uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Rata-rata selisih
pretest dan postest siswa pada kelas eksperimen I (SFE) diperoleh nilai
58.70 sedangkan pada kelas eksperimen II (STAD) diperoleh nilai 54.25. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan
model kooperatif tipe SFE lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa
yang menerapkan tipe STAD. Setelah dilakukan pengujian hipotesis
dengan taraf signifikan (α=0,05), maka diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu
1,782819 > 1,67469. Hasil data menunjukan bahwa terdapat perbedaan
yang signifikan antara kelas eksperimen I yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe SFE dan kelas eksperimen II yang
menggunakan tipe STAD. Kata Kunci : Student Fasilitator And Explaining, Student Teams
Achievement Division, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13984 |