PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIA 4 SMA N 8 KOTA BENGKULU

Susanti, Messy and Bahar, Amrul and Salastri, Rohiat (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIA 4 SMA N 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MESSY SUSANTI (A1F014024).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA 4 SMA N 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 dalam Penerapan Pembelajaran Saintifik Melalui Model Kooperatif Tipe Quick On The Draw pada materi larutan penyangga. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes yang terdiri dari postes dan lembar observasi. Data diolah menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu, nilai rata-rata, persentase daya serap klasikal dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran saintifik melalui model kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Aktivitas guru dan siswa meningkat setiap siklusnya dari siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: skor rata�rata aktivitas guru: 38,67 40 dan 44,67 dengan kategori baik dan skor rata�rata aktivitas siswa: 33,67 (cukup) 38,33 dan 40,33 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,36; daya serap klasikal 70,36 dan ketuntasan belajar klasikal 43,46%. Pada siklus II, nilai rata-rata 76,79; daya serap klasikal 70,79 dan ketuntasan belajar klasikal 85,19%. Pada siklus III, nilai rata-rata 87,31; daya serap klasikal 87,31 dan ketuntasan belajar klasikal 88,46%. Kata Kunci : Pembelajaran Saintifik, Aktivitas, Quick On The Draw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:46
Last Modified: 27 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item