Damayanti, Ufi and Bahar, Amrul and Salastri, Rohiat (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIPA 1 SMAN 09 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI UFI DAMAYANTI (A1F014005).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari tanggal 01 Februari 2018 – 08 Maret 2018 yang bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan bertanya siswa; (2) meningkatkan hasil belajar siswa, disamping untuk melihat keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 09 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe time token dapat memperbaiki kemampuan bertanya siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan memperbaiki keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran pada materi pokok reaksi redoks yang hasilnya sudah dikatan tuntas pada siklus ke-3. Pada siklus I kemampuan bertanya siswa 75% tingkat C1, 15% tingkat C2, 10% tingkat C3 dan ketercapaian belajar siswa 28,57%. Siklus II kemampua bertanya siswa 65,22% tingkat C1, 21,74% tingkat C2, 13,04% tingkat C3 dengan ketercapaian belajar siswa 64,29%. Siklus III kemampuan bertanya siswa 4,35% tingkat C1, 78,26% tingkat C2, dan 17,39% tingkat C3 dengan ketercapaian belajar siswa mencapai 89,29% (yang telah mencapai indikator keberhasilan penelitian dan KKM) . Untuk keaktifan guru dari siklus I, II, dan III masing-masing 25, 27, dan 30, sedangkan keaktifan siswa masing-masing 21, 24, dan 28. Kata kunci : Model pembelajaran time token, Kemampuan bertanya siswa, Hasil belajar siswa, Keaktifan guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14002 |
Actions (login required)
View Item |