PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU

Rahman, Arifsyah and Medriati, Rosane and Andik, Purwanto (2018) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi PDF ARIF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas di kelas XI IPA 5 SMAN 4 Kota Bengkulu, yang bertujuan untuk mengukur peningkatan aktivitas belajar, hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep Alat-Alat Optik yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 5 yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 39 pada kategori baik, siklus II sebesar 41 pada kategori baik dan siklus III sebesar 44 pada kategori baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 66,7% (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 84,8% (belum tuntas), dan meningkat pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 93,9% (tuntas). Kemampuan pemecahan masalah pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 64,6 pada kategori rendah, meningkat pada siklus II sebesar 77,3 pada kategori sedang, dan meningkat pada siklus III sebesar 84,7 pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Guided Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Fisika Di SMAN 4 Kota Bengkulu. . Kata kunci: Model Guided Discovery, Aktivitas belajar, Hasil belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:30
Last Modified: 27 Jul 2023 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item