PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, DAN MOTIVASI SISWA SMPN PONDOK KUBANG

Faridah, Dzulfahmi and Connie, Connie and Rosane, Medriati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, DAN MOTIVASI SISWA SMPN PONDOK KUBANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DZULFAHMI FARIDAH (A1E013029).pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa pada konsep tekanan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan memanfaatkan media audiovisual di SMPN 1 Pondok Kubang. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar, hasil belajar, dan motivasi belajar siswa pada setiap siklusnya, yakni aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 21,5 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 23,5 dalam kategori baik, siklus III sebesar 25 dalam kategori baik, dan siklus IV sebesar 27 dalam kategori baik. Hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 61,3 dalam kategori sedang, siklus II sebesar 63,1 dalam kategori sedang, siklus III sebesar 67,5 dalam kategori sedang, dan siklus IV sebesar 69 dalam kategori sedang. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh daya serap sebesar 76% dan ketuntasan belajar sebesar 39% (belum tuntas), siklus II diperoleh daya serap sebesar 83% dan ketuntasan belajar sebesar 89% (tuntas), siklus III daya serap sebesar 89% dan ketuntasan belajar sebesar 94% (tuntas) dan siklus IV daya serap sebesar 93% dan ketuntasan belajar sebesar 100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:15
Last Modified: 27 Jul 2023 08:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item View Item