PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA KONSEP ALAT OPTIK DI KELAS XI MIA4 SMA NEGERI 1 KAUR

Afrizal, Elbi and Purwanto, Andik and Desy, Hanisa Putri (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA KONSEP ALAT OPTIK DI KELAS XI MIA4 SMA NEGERI 1 KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ELBI AFRIZAL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep alat optik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA4 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor 38 dalam kategori aktif, siklus II sebesar 40 dalam kategori aktif, siklus III sebesar 41,5 dalam kategori aktif. Kemampuan pemecahan masalah pada siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 74,13 dengan kategori KPM sedang, meningkat pada siklus II diperoleh skor rata-rata 78,37 dengan kategori KPM sedang, meningkat pada siklus III diperoleh skor rata-rata 80,37 dengan kategori KPM tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Kata kunci. Model Problem Based Instruction, Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:43
Last Modified: 27 Jul 2023 08:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item