IDENTIFIKASI SEBARAN LIMBAH CAIR (LEACHATE) BAWAH PERMUKAAN DENGAN GEOLISTRIK 2D DAN 3D DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH AIR SEBAKUL, BENGKULU

Nurnaim, Anis Kurnia and Halauddin, Halauddin and Suhendra, Suhendra (2019) IDENTIFIKASI SEBARAN LIMBAH CAIR (LEACHATE) BAWAH PERMUKAAN DENGAN GEOLISTRIK 2D DAN 3D DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH AIR SEBAKUL, BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Anis Kurnia N..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian identifikasi sebaran limbah cair (leachate) bawah permukaan telah dilakukan dengan menggunakan metode geofisika yaitu geolistrik tahanan jenis dengan konfigurasi Wenner-Schlumberger ditempat pembuangan akhir (TPA) sampah Air Sebakul kota Bengkulu. Adapun tujuan dari peneliian ini adalah untuk mengetahui sebaran limbah cair (leachate) dan struktur bawah permukaan yang terkontaminasi oleh limbah cair (leachate) secara 2D dan 3D. Akusisi data dilakukan dengan alat geolistrik Resistivity & IPMeter MAE X612-EM dengan 48 elektroda pada 5 lintasan yang panjang lintasannya berdasarkan desain penelitian. Proses pengolahan data menggunakan software Res2div versi 3.71 dan Res3dinv versi 2.23 menghasilkan penampang resistiviti bawah permukaan secara 2D dan 3D. Hasil yang diperoleh menunjukkan bawah daerah yang terkontaminasi oleh limbah cair daerah dengan nilai tahan jenis bawah permukaan ≤ 10 Ωm. Daerah penelitian sebagian besar telah terkontaminasi oleh limbah cair (leachate) yang dipengaruhi yang didukung oleh nilai tahanan jenis batuan dan rembesannya dari tumpukan sampah di TPA. Berasarkan hasil uji kimia logam berat (Fe) dan TDS meter dari sampel air kolam dan sampel air sumur di sekita TPA kolam leachate dan air sumur telah tercemar, dengan hasil kadar logam besi (Fe )5,35 mg/l dan 3,79 mg/l dan nilai TDS 347 ppm-1672 ppm. Kata kunci: limbah cair, metode geolistrik, geolistrik 2D dan 3D, Tempat pembuangan Akhir sampah Air Sebakul Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:25
Last Modified: 01 Aug 2023 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item