IDENTIFIKASI INTRUSI AIR LAUT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDUKSI POLARISASI (IP) 2D DAN 3D (Studi kasus : Muara Sungai Hitam)

Rosidy, Cynthia Ananda and Halauddin, Halauddin and Suhendra, Suhendra (2019) IDENTIFIKASI INTRUSI AIR LAUT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDUKSI POLARISASI (IP) 2D DAN 3D (Studi kasus : Muara Sungai Hitam). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
cynthia ananda rosidy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian identifikasi sebaran intrusi air laut di bawah permukaan telah dilakukan dengan menggunakan metode Induksi Polarisasi (IP) yang dilengkapi dengan data resistivitas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kedalaman dan sebaran intrusi air laut di sekitar pemukiman warga Muara Sungai Hitam, Bengkulu secara 2D dan 3D. Pengukuran induksi polarisasi dan resistivity dengan konfigurasi Wenner - Schlumberger dilakukan di tiga lintasan yang berbeda. Proses pengolahan data menggunakan software Res2dinv versi 3.71 dan Res3dinv versi 2.23 menghasilkan penampang chargeabilitas bawah permukaan yang dilengkapi dengan data penampang resistivitas menunjukkan daerah yang telah terintrusi air laut memiliki nilai chargeabilitas (> 650 ms) dan nilai resistivitas (0,2 Ωm) dengan kedalaman dari 2.5-43,0 m. Kata Kunci : Induksi Polarisasi, intrusi air laut, chargeabilitas, resistivitas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:23
Last Modified: 01 Aug 2023 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14044

Actions (login required)

View Item View Item