PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Permata, Mika Dwi and Koto, Irwan and Indra, Sakti (2018) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model project based learning dengan metode penugasan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent contol group design dengan dua kelas sampel yakni kelas X MIPA 4 sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 57 siswa yang terdiri dari 28 siswa dari kelas X MIPA 4 dan 29 siswa dari kelas X MIPA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk minat belajar fisika dan tes untuk kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji-t dua sample indenpendent dengan rumus t-test polled varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang diajarkan menggunakan model project based learning dengan siswa yang diajarkan dengan metode penugasan. Minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat terlihat dari nilai posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Minat belajar fisika, kemampuan berpikir kritis siswa, model project based learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:58
Last Modified: 28 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14053

Actions (login required)

View Item View Item