PENENTUAN KETEBALAN DAN KEDALAMAN LAPISAN BATUBARA DI BAWAH PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MASW 2-D (STUDI KASUS : PT FIRMAN KETAUN KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Yasa, Oscar Fernando and Samdara, Rida and Refrizon, Refrizon (2019) PENENTUAN KETEBALAN DAN KEDALAMAN LAPISAN BATUBARA DI BAWAH PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MASW 2-D (STUDI KASUS : PT FIRMAN KETAUN KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_OSCAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di PT Firman Ketaun Kabupaten Bengkulu Utara dengan menggunakan Metode Multichannel analysis of surface waves (MASW) 2-D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketebalan dan kedalaman lapisan batubara di daerah yang diduga terjadi patahan pada lokasi tambang menggunakan metode MASW. Penelitian telah dilakukan menggunakan 1 lintasan dengan panjang lintasan 43 meter dan jarak antar geophone 1 meter. Pengolahan data menggunakan software Parkseis, winMASW 5.0 Professional, dan Surfer. Data yang telah diolah menghasilkan kurva dispersi dan Profil 2-D Vs terhadap kedalaman. Profil 2-D yang dihasilkan menggunakan software Parkseis belum memperlihatkan sumber anomali dengan jelas. Hal ini disebabkan oleh jarak antar geophone 1 m menghasilkan data yaitu profil 2-D, data yang dapat diyakini hanya sampai kedalaman 10 m. Kemudian untuk bisa memodelkan keberadaan batubara yang sesuai berdasarkan data bor lapangan dimana batubara ditemukan dikedalaman 35 meter dari lokasi penelitian digunakanlah software winMASW 5.0 Professional. Hasil pengolahan data menggunakan software winMASW 5.0 Professional didapatkan tampilan profil 1-D yang kemudian dimodelkan menjadi tampilan 2-D menggunakan software Surfer. Hasil akhir dari pemodelan ini didapatkan tampilan 2 dimensi (D) yang menggambarkan ketebalan dan kedalaman lapisan batubara di lokasi penelitian. Berdasarkan nilai kecepatan gelombang geser Vs yang didapatkan diketahui Vs batubara berkisar 400 – 900 m/s. Kata kunci : MASW, batubara, patahan, nilai Vs

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:20
Last Modified: 01 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item