PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X MIPA MAN 1 KOTA

Kurniati, Nia and Warimun, Eko Swistoro and Desy, Hanisa Putri (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X MIPA MAN 1 KOTA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Nia Kurniati, 2018. Pengaruh Pembelajaran Melalui Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas X MIPA MAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving fisika terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di MAN 1 Kota Bengkulu, serta menjelaskan pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MIPA di MAN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment designs) dan penelitian pre experimental designs. pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling purposive yang diperoleh siswa kelas X MIPA 2 ( N = 37) sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan model problem solving fisika dan siswa kelas X MIPA 3 (N = 38) sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis Uji-T dua sampel independen melalui nilai rata-rata posttest hasil belajar yaitu thitung > ttabel (2,47 > 1,99), sedangkan hasil analisis Deskriptif kemampuan pemecahan masalah melalui nilai rata-rata (posttest KPM – pretest KPM) menghasilkan 63,5. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model problem solving fisika terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci: Model Problem Solving Fisika, Hasil Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:21
Last Modified: 28 Jul 2023 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item View Item