IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (Discovery Learning Model) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 3 BENGKULU TENGAH

Gustika, Rahayu and Sakti, Indra and Desy, Hanisa Putri (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (Discovery Learning Model) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 3 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RAHAYU GUSTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas empat langkah, yaitu : 1) perencanaaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data hasil aktivitas dan keterampilam berpikir kritis siswa digunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal esai. Hasil penelitian diperoleh bahwa siklus I skor rata-rata aktivitas siswa 21,5 dengan kriteria cukup, siklus II 26 dengan kriteria baik dan siklus III 29,5 dengan kriteria baik. Pada siklus I nilai rata-rata persentase observasi keterampilan berpikir kritis siswa yaitu 50,54 % dengan kriteria cukup, siklus II 73,99 % dengan kriteria kritis , dan pada siklus III menjadi 85,99% dengan kriteria kritis sedangkan hasil belajar yang diperoleh pada siklus I nilai rata-ratanya 75,3, pada siklus II menjadi 81,4, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa adalah 84. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pemebelajaran penemuan dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Kata kunci : model pembelajaran penemuaan (discovery learning model), aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:48
Last Modified: 28 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item