PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL PhET TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 BENGKULU SELATAN

Hotman, Reza September and Koto, Irwan and Nyoman, Rohadi (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL PhET TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI REZA SEPTEMBER HOTMANN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang dibelajarkan dengan model Cooperative Problem Solving berbantuan media virtual PhET dan model Cooperative Problem Solving berbantuan media konvensional serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dibelajarkan dengan model Cooperative Problem Solving berbantuan media virtual PhET dan model Cooperative Problem Solving berbantuan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan dua desain yaitu desain posttest only control group design untuk variabel motivasi berprestasi dan desain nonequivalent control group design untuk variabel kemampuan pemecahan masalah. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas X MIPA SMAN 1 Bengkulu Selatan. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari pretest dan posttest menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay, sedangkan motivasi berprestasi diperoleh melalui angket motivasi berprestasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pemelajaran CPS berbantuan media virtual PhET dan siswa yang dibelajarkan dengan model CPS berbantuan media konvensional yaitu dengan signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,712 > 0,05 (2) Tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pemelajaran CPS berbantuan media virtual PhET dan siswa yang dibelajarkan dengan model CPS berbantuan media konvensional yaitu dengan signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,733 > 0,05 dan persentase perbedaan sebesar 0,83 %. Kata kunci: Pembelajaran Cooperative Problem Solving, Media Virtual PhET, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:57
Last Modified: 28 Jul 2023 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item