Savittriani, Savittriani and Purwanto, Andik and Eko, Swistoro (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DI SMAN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah (KPM) peserta didik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik siklus I rata-rata skor sebesar 34 (kategori cukup), siklus II sebesar 41 (kategori baik), dan siklus III sebesar 45 (kategori baik). Hasil rata- rata nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik siklus I sebesar 72,8 (kategori sedang), meningkat pada siklus II sebesar 79,14 (kategori tinggi), meningkat pada siklus III sebesar 90,11 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery laerning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14075 |
Actions (login required)
View Item |