PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIA.4 (SMAN 08 KOTA BENGKULU)

Daulay, Sari and Dedy, Hamdani and Desy, Hanisa Putri (2018) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIA.4 (SMAN 08 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DAULAY 2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Telah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar usaha dan energi dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA.4 SMA Negeri 08 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, lembar angket untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa, lembar tes untuk mendeskripsikan hasil belajar usaha dan energi. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 26 (kriteria baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 (kriteria baik), pada siklus III aktivitas guru kembali meningkat hingga skor rata-rata m encapai skor maksimal yaitu 29 (kriteria baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 24,5 (kriteria baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 26,5 (kriteria baik), pada siklus III aktivitas siswa kembali meningkat hingga skor rata-rata mencapai skor maksimal yaitu 28,5 (kriteria baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata sikapilmiah pada siklus I sebesar 64,54 (kriteria baik), pada siklus II sebesar 66,23 (kriteria sangat baik), dan pada siklus III sebesar 67,37 (kriteria sangat baik). Nilai rata-rata hasil belajar konsep usaha dan energy pada siklus I sebesar 77,71 dengan ketuntasan belajar 88,57%, pada siklus II sebesar 83 dengan ketuntasan belajar 94,28%, dan pada siklus III 90,28 dengan ketuntasan belajar 100%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model learning cycle 5E dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar pada konsep usaha dan energi. Kata kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar usaha dan energi, Model Learning Cycle 5E, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:10
Last Modified: 28 Jul 2023 09:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item View Item