PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERBASIS HOTS (Higher Order Thingking Skill) PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Sapitri, Shally and Sakti, Indra and Desy, Hanisa Putri (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERBASIS HOTS (Higher Order Thingking Skill) PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SHALLY SAPITRI (A1E014045).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan tipe rancangan level 1. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar fisika berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang valid dan reliabel pada materi termodinamika di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: 1) tahap potensi dan masalah, 2) studi literatur dan pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) desain teruji. Validasi desain dilakukan dengan uji validitas isi oleh judgement ahli untuk menilai desain produk yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Aspek materi terdiri atas delapan indikator, sedangkan aspek konstruksi dan bahasa masing-masing terdiri atas lima indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain instrumen penilaian hasil belajar fisika pada materi termodinamika berbasis HOTS merupakan desain teruji yang telah memenuhi indikator soal HOTS pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Berdasarkan hasil uji validitas isi dapat disimpulkan bahwa aspek materi telah terpenuhi dengan presentase 87,92%, aspek konstrusi dengan presentase 98%, dan aspek bahasa dengan presentase 96,50%. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa aspek materi mimiliki reliabel yang sedang dengan koefisien 0,51, aspek konstruksi dalam kategori tinggi dengan koefisien 0,82, dan aspek bahasa dalam kategori tinggi dengan koefisien 0,73. Dengan demikian, berdasarkan penilaian judgement ahli maka instrumen penilaian termasuk valid dan reliabel dengan kriteria baik serta telah memenuhi standar instrumen penilaian soal HOTS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kata Kunci: Instrumen penilaian, Hasil Belajar, HOTS (Higher Order Thinking Skill), dan Termodinamika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:12
Last Modified: 28 Jul 2023 09:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item