PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X DI SMAN 1 SELUMA (Quasi Experiment Research)

Rahmadiah, Yunisa and Purwanto, Andik and Indra, Sakti Lubis (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X DI SMAN 1 SELUMA (Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YR fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) untuk menghitung perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan model konvensional pada kelas X di SMAN 1 Seluma (2) untuk menentukan pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di kelas X di SMAN 1 Seluma. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan Software Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan model inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 4,82 > ttabel 1,99 pada taraf signifikan 95% (2) terdapat pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir kritis di SMA N 1 Seluma Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan hasil tes kemampuan berfikir kritis siswa setelah diterapkannya model inkuiri terbimbing, berarti model inkuiri terbimbing meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berfikir Kritis, Quasi Eksperimen

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item