PENERAPAN METODE EMPIRICAL BEST LINEAR UNBIASED PREDICTION (EBLUP) DALAM PENDUGAAN PENGELUARAN PER KAPITA DI KABUPATEN KAUR PROVINSI

BELLADDINA, MAESITA DILTI and Faisal, Fachri and Etis, Sunandi (2019) PENERAPAN METODE EMPIRICAL BEST LINEAR UNBIASED PREDICTION (EBLUP) DALAM PENDUGAAN PENGELUARAN PER KAPITA DI KABUPATEN KAUR PROVINSI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pendugaan rata-rata pengeluaran per kapita level desa tidak dapat dilakukan dengan metode pendugaan langsung karena area yang terlalu kecil, menyebabkan pendugaan yang dihasilkan tidak mewakili seluruh sampel. Cara yang dapat dilakukan supaya semua sampel terwakilkan adalah dengan menggunakan metode penduga area kecil yaitu metode Empirical Best Linear Unbiased Prediction (EBLUP). Penelitian ini bertujuan untuk menduga rata-rata pengeluaran per kapita di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata pengeluaran per kapita sebanyak 156 desa yang diperoleh dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS Tahun 2017 sebagai variabel respon. Variabel penyerta dari publikasi BPS Kaur dalam angka tahun 2017 yaitu Jumlah sarana kesehatan (puskesmas, poliklinik kesehatan desa, balai pengobatan dan rumah sakit) (Unit), Jumlah kelahiran (Orang), Jumlah rumah penduduk pelanggan listrik (Rumah) dan Jumlah pasar (Unit). Evaluasi hasil dilakukan dengan membandingkan nilai MSE penduga langsung dengan MSE pendugaan area kecil metode Empirical Best Linear Unbiased Prediction (EBLUP). Hasil dari estimasi EBLUP lebih baik karena nilai MSE Empirical Best Linear Unbiased Prediction (EBLUP) lebih kecil dibandingkan dengan MSE penduga langsung. Kata kunci : Pengeluaran Per Kapita dan Empirical Best Linear Unbiased Prediction (EBLUP)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:59
Last Modified: 01 Aug 2023 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14123

Actions (login required)

View Item View Item