PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN INDOOR-OUTDOOR-INDOOR (IOI) PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENILAI KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSERVASI KURA�KURA BAGI PESERTA DIDIK SMP (Research and Development)

Trisna, Dwi Martha and Ruyani, Aceng and Yennita, Yennita (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN INDOOR-OUTDOOR-INDOOR (IOI) PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENILAI KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSERVASI KURA�KURA BAGI PESERTA DIDIK SMP (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (RnD). Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana mengembangkan LKPD konservasi kura�kura sehingga layak digunakan pada materi pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, 2) apakah implementasi LKPD hasil pengembangan melalui kegiatan Indoor-Outdoor-Indoor (IOI) dapat meningkatkan kognitif peserta didik, 3) apakah implementasi LKPD hasil pengembangan melalui kegiatan IOI dapat meningkatkan kecenderungan berprilaku konservasi bagi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Layak atau tidaknya LKPD hasil pengembangan diketahui dari hasil validasi dosen dan guru IPA SMP serta dengan uji keterbacaan LKPD pada peserta didik. Penilaian kognitif peserta didik menggunakan tes tertulis berupa pretest dan posttest yang diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor menggunakan LKPD konservasi kura-kura sumatera. sedangkan untuk menilai prilaku konservasi peserta didik menggunakan angket prilaku konservasi.Uji kelayakan bahan ajar LKPD berupa aspek materi dan aspek kebahasaan, dengan persentase 80-86,67% memiliki kriteria “sangat valid” sehingga layak diuji cobakan di lapangan. Ketuntasan belajar klasikal (kognitif) dengan persentase 50%, tidak tuntas secara klasikal. Kecenderungan berprilaku konservasi awal peserta didik dengan persentase 86,92% dan prilaku konservasi akhir peserta didik dengan persentase 92.38%, mengalami peningkatan sebesar 5,46 %. Kata kunci: Kura-kura sumatera, Research and Development (RnD), Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:54
Last Modified: 01 Aug 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item