ANALISIS FAKTOR PENENTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN MAKANAN OLEH RUMAH TANGGA PADA PEDAGANG SAYUR KELILING DI KECAMATAN TABA PENANJUNG

Josi, Pransiska and Putri, Suci Asriani and Zulkarnain, Yuliarso (2022) ANALISIS FAKTOR PENENTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN MAKANAN OLEH RUMAH TANGGA PADA PEDAGANG SAYUR KELILING DI KECAMATAN TABA PENANJUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI JOSI PRANSISKA (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pangan merupakan kebutuhan yang paling mendasar setiap rumah tangga, untuk memenuhi kebutuhan pangan diperlukan ketersediaan pangan dalam kuantitas dan kualitas yang cukup serta terdistribusi dengan harga terjangkau, Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat satu pasar tradisional yang beroperasi di Kelurahan Taba Penanjung. Masyarakat membeli kebutuhan pangan di pasar tradisional hanya untuk satu hari sampai dua hari kedepan, sehingga dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat untuk hari-hari berikutnya memerlukan alternatif belanja, yaitu melalui pedagang sayur keliling, dengan rumusan masalah yaitu, apa saja keragaman jenis bahan makanan yang dibeli oleh rumah tangga pada pedagang sayur keliling, menghitung jumlah pembelian bahan makanan di pedagang sayur keliling dan faktor apa saja yang menjadi penentu pengambilan keputusan pembelian bahan makanan di pedagang sayur keliling. Penelitian dilakukan di Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Metode sampling yang digunakan dalam pengambilan responden dengan Accidental Sampling pada lokasi yang dipilih. Untuk menjawab ketiga tujuan digunakan analisis statistik deskritif. Hasil analisis didapatkan bahwa rata-rata keragaman jenis bahan makanan yang dibeli oleh rumah tangga pada pedagang sayur keliling di Kecamatan Taba Penanjung adalah 3,47 jenis/hari, dengan jumlah keragaman mencapai 39 jenis bahan makanan yang tergolong dalam pangan hewani (daging ayam, kambing, sapi, telur, susu, ikan serta jenis lainnya dan pangan nabati seperti (sayur-sayura, kedelai, kacang-kacangan, umbian, buah-buahan dan pangan lainnya, namun jenis bahan makanan yang paling diminati ialah tempe dan tahu, Rata-rata tingkat pembeliaan bahan makanan oleh rumah tangga pada pedagang sayur keliling di Kecamatan Taba Penanjung Rp 25.989 perhari dimana rata￾rata skor tersebut pada kategori sedikit. Faktor persepsi harga, tingkat pendapatan, tingkat umur, tingkat tanggungan keluarga dan tingkat pendidikan mempengaruhi tingkat pembelian bahan makanan oleh rumah tangga pada pedagang sayur keliling di Kecamatan Taba Penanjung. Kata Kunci : Bahan Makanan, Pedagang Sayur Keliling, Pengambilan Keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:56
Last Modified: 02 Aug 2023 03:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item