PERAN WANITA ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MALABERO KOTA BENGKULU

AGHILLA, GHINA PODJA and Yessilia, Osira and Yunilisiah, Yunilisiah (2023) PERAN WANITA ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MALABERO KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Full Ghina Podja Aghilla S.Sos. 08 Feb 2023 - Ghina Puja.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Covid-19 merupakan virus dengan kecepatan penyebaran tinggi, yang kemudian menyebar cepat ke seluruh negara di dunia. Pemerintah kemudian membuat berbagai kebijakan untuk menghalau laju Covid-19 di Indonesia salah satunya adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Adanya PSBB memberikan dampak kepada nelayan lokal dan industri perikanan tangkap dalam memasarkan hasil tangkapan mereka. Dampak yang paling besar yang dirasakan adalah berkurangnya pendapatan nelayan, sehingga membuat anggota keluarga lain harus turut ikut bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui peran wanita istri nelayan dalam meningkatkan pendapatan keluarga pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait peran wanita istri nelayan dalam meningkatkan pendapatan keluarga pada masa pandemi di kelurahan Malabero Kota Bengkulu. Teknik penentuan informan sebanyak delapan orang dilakukan dengan purposive sampling. Data disajikan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peran wanita istri nelayan belum dapat meningkatkan pendapatan keluarga pada masa pandemi walaupun peran wanita istri nelayan ini telah mengalami perubahan, yaitu dari peran tradisional menjadi peran transisi bahkan ada yang kontemporer. Hal ini disebabkan walaupun wanita istri nelayan bekerja dan mendapatkan penghasilan. Namun, nelayan tidak memiliki penghasilan karena sebagian besar nelayan tidak bekerja. Rekomendasi peneliti adalah dinas-dinas setempat agar memberikan pelatihan untuk istri nelayan yang ada di Kelurahan Malabero agar dapat memiliki keahlian lain dan juga menyalurkan program bantuan dari pemerintah yang kemudian dapat membantu mereka dalam menghasilkan pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:30
Last Modified: 02 Aug 2023 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item