PROFIL PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK (ACADEMIC HELP SEEKING) DITINJAU DARI MASALAH BELAJAR DAN JENDER PADA SISWA SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Swadharma, Komang Gangga and Hadiwinarto, Hadiwinarto and vira, Afriyati (2018) PROFIL PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK (ACADEMIC HELP SEEKING) DITINJAU DARI MASALAH BELAJAR DAN JENDER PADA SISWA SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Komang Gangga Swadharma (A1L014001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Academic Help Seeking berdasarkan tingkat dan aspek masalah belajar siswa dan jender. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 03 kota bengkulu yang berjumlah 130 orang yang terdiri dari 58 siswa laki-laki dan 72 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan AUM PTSDL untuk mengungkapkan aspek dan tingkat masalah belajar siswa dan skala academic help seeking untuk menggumpulkan data perilaku mencari bantuan akademik. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kecendrungan profil perilaku mencari bantuan (academic help seeking) terdistribusi pada aspek Prasyarat Penguasaan Materi Pelajaran (P), Keterampilan Belajar (T), Sarana Belajar (S), dan Lingkungan Belajar dan Sosioemosional (L). Perilaku mencari bantuan ada pada setiap aspek masalah belajar tersebut, (2) Kecenderungan profil Academic Help Seeking terdistribusi menurut laki-laki dan perempuan, (3) tidak ada perbedaan academic help seeking ditinjau dari tingkat dan setiap aspek masalah belajar siswa, (4) ada perbedaan academic help seeking yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan pada semua aspek masalah belajar. Kata kunci : academic help seeking, masalah belajar, jender.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:18
Last Modified: 04 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item