PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA SMA NEGERI 01 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG

Wati, Lidia and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA SMA NEGERI 01 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Lidia Wati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA SMA NEGERI 01 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG Oleh: LIDIA WATI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatkan kecerdasan moral siswa di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest(100,1) dan posttest (118,125). Subjek penelitian ini menggunakan 8 orang siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan moral siswa meningkat setelah pemberian layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan antara pretest dan posttest dengan nilai t hitung data -7,483 (-t > -2,365) dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan moral siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama kepada subjek penelitian. Kata kunci: kecerdasan moral, layanan konseling kelompok, teknik sosiodrama

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:19
Last Modified: 04 Aug 2023 08:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item