PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI DI SMA N 8 KOTA BENGKULU

Purnama, Shelia and Dharmayana, I Wayan and Rita, Sinthia (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI DI SMA N 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang memiliki tingkat kemampuan mengelola emosi rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi pada siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.879 (p<0,05) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Kata kunci: bimbingan kelompok, kemampuan mengelola emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:11
Last Modified: 08 Aug 2023 02:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14240

Actions (login required)

View Item View Item