THE CORRELATION BETWEEN LEARNING MOTIVATION AND READING COMPREHENSION

Azizah, Nurida and Puspita, Hilda and Gita, Mutiara Hati (2018) THE CORRELATION BETWEEN LEARNING MOTIVATION AND READING COMPREHENSION. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NURIDA AZIZAH (A1B014062) - SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Nurida. 2018. The Correlation between Learning Motivation and Reading Comprhension. Supervisor Dra. Hilda Puspita, M.A and Co. Supervisor Gita Mutiara Hati, M.Pd. Penelitian ini berkaitan dengan korelasi antara motivasi belajar dan pemahaman membaca. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SMP Negeri 14 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 261 siswa dibagi menjadi 8 kelas dan sampel penelitian ini adalah 65 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi positif antara motivasi belajar dan pemahaman membaca. Hipotesis alternatif: “Ada korelasi positif antara motivasi belajar dan pemahaman membaca. Instrumen untuk pengumpulan data adalah kuesioner untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes pemahaman membaca. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan korelasi "r" product moment perhitungan. Hasil perhitungan manual korelasi product moment “r” menunjukkan bahwa nilai yang dihitung, robserve (0,294) lebih besar dari rt dalam 5% dari tingkat signifikansi, yaitu 0,294> 0, 224 dan p <α (0,018 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa HO (tidak ada korelasi positif antara motivasi belajar dan pemahaman membaca) ditolak dan Ha (ada korelasi positif antara motivasi belajar dan pemahaman membaca) diterima. Hal ini berarti motivasi belajar tidak terlalu berpengaruh pada pemahaman membaca siswa kelas II SMP Negeri 14 Kota Bengkulu pada Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Korelasi, Motivasi Belajar, Pemahaman Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:15
Last Modified: 08 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item