STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES IN LEARNING ENGLISH (AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU ACADEMIC YEAR 2018/2019)

Eriza, C and Kasmaini, Kasmaini and Dedi, Sofyan (2018) STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES IN LEARNING ENGLISH (AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU ACADEMIC YEAR 2018/2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Chindy Eriza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Eriza, C. (2018). Students’ Learning Strategies in Learning English. Undergraduate Thesis. English Education Study Program of Language and Art Department. Universitas Bengkulu. Supervisor: Kasmaini, S. S., M.Pd., Co. Supervisor: Dr. Dedi Sofyan, M.Hum. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan siswa alasan mereka menggunakannya dalam mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 338 siswa Kelas 11 di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu tahun akademik 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah 68 mahasiswa yang merupakan 20% dari total populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara. Angket tersebut terdri dari 30 pernyataan tentang strategi belajar berbicara bahasa Inggris yang berdasarkan teori dari O’Malley dan Chamot (1990) yang terdiri dari tiga kategori dari strategi belajar bahasa Inggris. Ketiga kategori tersebut yaitu, strategi metakognitif, kognitif, dan sosial afektif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini merupakan adaptasi dari angket Liao and Chiang (2004). Wawancara pada penelitian ini berdasarkan pada Peterson (1997). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas 11 lebih dominan menggunakan strategi sosial afektif dalam belajar bahasa Inggris. Sosial afektif strategi membuat siswa merasa lebih percaya diri ketika belajar bahasa Inggris dan membantu mereka untuk lebih mudah memahami materi, memotivasi mereka untuk menjadi pembelajar yang lebih baik, dan membuat mereka lebih leluasa dalam bertanya. Kata kunci: Strategi, Strategi Belajar, Strategi Belajar Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:15
Last Modified: 16 Aug 2023 04:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item