AN ANALYSIS OF CODE MIXING IN A DEBATE ACTIVITY AS PART OF ENGLISH CLUB PROGRAMS AT SMAN 2 BENGKULU CITY

Zetri, Darpeli Eli and Arasuli, Arasuli and Mazrul, Aziz (2018) AN ANALYSIS OF CODE MIXING IN A DEBATE ACTIVITY AS PART OF ENGLISH CLUB PROGRAMS AT SMAN 2 BENGKULU CITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Darpeli Eli Zetri (A1B014078) - SKRIPSI. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Zetri, Darpeli Eli. 2018. An Analysis of Code Mixing in “Debate Activity” as part of English Club Programs at SMAN 2 Bengkulu City. Supervisor Drs. Arasuli, M.Si. and Co. Supervisor Drs. Mazrul Aziz, M.Si Tujuan dari penelitian adalah untuk meneliti alih kode yang dilakukan oleh siswa di kegiatan ‘Debate Activity as part of English Club’ di SMAN 2 Kota Bengkulu. Tipe dari penelitian ini adalah penelitian deskritif. Objek dari penelitian ini adalah delapan siswa yang terlibat dalam aktivitas debat. Instrumen yang digunakan adalah rekaman suara dan wawancara. Data diambil dari rekaman aktivitas debat tersebut pada tanggal 18 Mei 2018. Dalam menganalisis data, peneliti mentranskripsi data, mengklasifikasikan data yang dapat dikategorikan sebagai campur kode berdasarkan teori Fasold (2004), menganalisa alasan siswa dalam melakukan campur kode, serta membuat persentase dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua tipe campur kode yang digunakan oleh siswa pada saat aktivitas debat. Tipe campur kode yang ditemukan terbagi atas insertion of word code mixing (56.6%) dan insertion of phrase code mixing (43.4%). Ada beberapa alasan siswa untuk melakukan campur kode, yaitu pengulangan sebagai klarifikasi, karena ketidak sengajaan, dan karena kurangnya kosa kata. Dengan kata lain, alih kode dan campur kode tidak dapat disangkal keberadaanya dalam aktivitas debat sebagai bagian dari program klub bahasa Inggris. Kata kunci: Campur kode, Aktivitas debate, Klub bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:15
Last Modified: 08 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item