METACOGNITIVE STRATEGY AND STUDENT’S READING COMPREHENSION: AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMK N 1 KOTA BENGKULU

Herlina, Herlina and Suwarno, Bambang and Elfrida, Elfrida (2018) METACOGNITIVE STRATEGY AND STUDENT’S READING COMPREHENSION: AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMK N 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
herlina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Herlina. (2018). Metacognitive Strategy and Student’s Reading Comprehension: An Experimental Study at SMK N 1 Kota Bengkulu. Skripsi, Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs. Bambang Suwarno, M.A.,Ph.D. Pembimbing Pendamping Dra. Elfrida, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi metakognitif terhadap pemahaman bacaan siswa. Desainnya semaksimal eksperimen. Sampel terdiri dari 69 siswa dalam dua kelas. Instrumen terdiri dari tes baca yang telah dicoba. Perlakuan untuk kelompok eksperimen adalah strategi metakognitif dan untuk kelompok kontrol adalah strategi yang guru gunakan di kelas. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Aktivitas di kelas berlangsung selama enam pertemuan, dua pertemuan untuk pre-test dan post-test dan empat pertemuan untuk mengajar di kelas. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann-Whitney. Uji Wilcoxon untuk kelompok kontrol menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post�test. Uji Wilcoxon untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Uji Mann-Whitney untuk pre-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Uji Mann-Whitney untuk post-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test and post-test untuk kelas ekperimen dan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol untuk hasil post-test. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi metakognitif terhadap pemahaman bacaan siswa. Kata Kunci: Strategi Metakognitif, Pemahaman Bacaan Siswa, TEFL.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:18
Last Modified: 08 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14282

Actions (login required)

View Item View Item