A SURVEY ON TEACHERS USE OF EFFECTIVE STRATEGIES IN ENCOURAGING STUDENTS TO PARTICIPATE IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION

Viana, Hilda Septi and Safnil, Safnil and Arono, Arono (2018) A SURVEY ON TEACHERS USE OF EFFECTIVE STRATEGIES IN ENCOURAGING STUDENTS TO PARTICIPATE IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS HILDA SEPTI VIANA A2B106014.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (35MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu aspek penting dalam proses belajar mengajar adalah strategi pengajaran. Penggunaan strategi pengajaran yang tidak tepat akan menyebabkan kegagalan dalam pengajaran dan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam interaksi kelas, alasan penggunaannya, dan bagaimana guru menggunakan strategi tersebut. Metode campuran dipilih dalam penelitian ini mencakup 21 guru Inggris SMA di Kabupaten Kepahiang. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang dianalisis dengan menggunakan persentase, observasi ke dua guru, dan wawancara kepada satu guru. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) yang dipilih adalah kerja kelompok kecil diikuti dengan diskusi kelas dan strategi pembelajaran kooperatif, (2) memberikan kesempatan yang baik bagi siswa untuk berlatih, bekerja sama, belajar dan mengartikulasikan materi menjadi alasan kuat bagi guru untuk memilih strategi, dan (3) presentasi melalui Power Point dan Prezi serta menyediakan sumber pembelajaran online yang digunakan oleh para guru. Sebagai kesimpulan, pertama, strategi pengajaran kerja kelompok kecil menjadi yang paling dipilih dan kemudian diikuti oleh strategi lain, diskusi kelas, dan pembelajaran kooperatif. Kedua, para guru lebih menyukai strategi-strategi tersebut untuk memungkinkan para siswa mempraktikkan keterampilan, mengembangkan keterampilan sosial, memberi kesempatan untuk tampil dalam lingkungan yang mendukung, membantu siswa belajar dan memotivasi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dan mempersiapkan diri untuk kelas. Akhirnya, para guru menggunakan presentasi dan mengambil sumber pembelajaran online dalam mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam interaksi kelas. Lebih lanjut, beberapa saran untuk melakukan penelitian eksperimental dengan membandingkan beberapa strategi pengajaran dan melakukan penelitian tentang persepsi siswa terhadap beberapa strategi pengajaran. Kata Kunci: Tujuh Strategi Mengajar, Interaksi Kelas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:18
Last Modified: 08 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item