A STUDY OF ENGLISH PREPOSITIONS ENCOUNTERED IN THESES ABSTRACT WRITTEN BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH BENGKULU (GRADUATED 2017)

Anugrah, Mildan and Kasmaini, Kasmaini and Dedi, Sofyan (2018) A STUDY OF ENGLISH PREPOSITIONS ENCOUNTERED IN THESES ABSTRACT WRITTEN BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH BENGKULU (GRADUATED 2017). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS MILDAN ANUGRAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preposisi yang digunakan dalam abstrak yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris yang lulus di Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada periode kedua tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diambil dari abstrak yang diterbitkan pada tahun 2017. Ada 20 abstrak yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Checklist digunakan untuk menganalisis data. Kemampuan siswa dalam menggunakan preposisi juga dianalisis dengan memeriksa kesalahan yang ditemukan dalam abstrak. Hasilnya mengungkapkan bahwa preposisi tempat adalah yang paling mendominasi sedangkan preposisi menunjukkan arah adalah yang paling jarang muncul dalam abstrak tesis. Hal ini terjadi karena abstrak berisi informasi tentang tempat atau lokasi tempat penelitian dilakukan. Selain itu, kemampuan siswa dalam menggunakan preposisi pada umumnya sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari total preposisi yang muncul dalam abstrak tesis. Sebagian besar preposisi yang digunakan dalam abstrak sudah benar. Namun, kesalahan yang paling dominan muncul dalam hasil adalah preposisi waktu. Ini menunjukkan bahwa siswa bingung dalam penggunaan preposisi waktu, terutama preposisi waktu in, on, dan at. Disarankan untuk melakukan penelitian lain tentang bidang yang sama, untuk menganalisis lebih dalam tentang preposisi pada siswa lain dalam tulisan akademis, sehingga mereka dapat menemukan lebih banyak berbagai macam bentuk tulisan essay dengan lebih banyak jenis kesalahan pada penggunaan preposisi. Akhirnya, disarankan juga bahwa guru harus memberikan lebih banyak pelajaran tentang aturan preposisi sehingga pembelajar akan mampu menguasai penggunaan preposisi. Kata kunci: Preposisi, Abstrak, Tesis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14296

Actions (login required)

View Item View Item