LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL STUDENTS OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITY OF BENGKULU

Sari, Purnama Yulian and Sofyan, Dedi and Gita, Mutiara Hati (2018) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL STUDENTS OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITY OF BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Purnama Yulian Sari (A1B014020).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Purnama Yulian. 2018. Language Learning Strategies Used by Successful Students of the English Education Study Program at University of Bengkulu. Supervisor Dr. Dedi Sofyan, M.Hum and Co. Supervisor Gita Mutiara Hati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi belajar Bahasa yang digunakan oleh mahasiswa sukses yang di kategorikan dalam enam tipe strategi yaitu: memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan sosial strategi berdasarkan teori Oxford (1990). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Bengkulu angkatan 2014 dan 2015 yang memiliki IPK 3.51 sampai dengan 4.00. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument untuk mengetahui data. Kuesioner terdiri dari 50 item berdasarkan Oxford’s Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0 tentang strategi belajar Bahasa. Data tersebut diproses dengan menggunakan Microsoft Excel 2013 untuk mengetahui strategi mana yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa sukses. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa sukses menggunakan campuran strategi pembelajaran Bahasa, termasuk memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan sosial strategi. Untuk strategi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa sukses adalah metakognitif strategi dengan skor mean (3.94) diikuti dengan kompensasi (3.81), kognitif (3.59), sosial (3.43), memori (3.31), dan afektif strategi (3.30). strategi-strategi metakognitif mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa sukses dalam belajar Bahasa. Strategi metakognitif dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan manajemen berpikir yang baik sehingga menunjukan prestasi akademik yang baik pula. Di sisi lain, pilihan strategi terendah dapat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, kurikulum, perasaan, suasana hati, dan sikap dari mahasiswa yang sulit dipresiksi. Kata kunci: strategi belajar bahasa, siswa sukses.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item