PELAKSANAAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Novandi, Deri and Trianto, Agus and Gumono, Gumono (2018) PELAKSANAAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Novandi, Deri. 2018. Pelaksanaan Literasi dalam Pembelajaran di Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Skripsi, Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Pembimbing: (I) Dr. Agus Trianto, M.Pd., (II) Dr. Gumono, M.Pd.. Kata kunci: pelaksanaan literasi, aktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan literasi yang terjadi selama aktivitas pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Pendeskripsian pelaksanaan literasi dalam penelitian ini meliputi kegiatan literasi yang berlangsung pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu mulai dari fase praaktivitas pembelajaran, fase aktivitas pembelajaran, hingga fase pascaaktivitas pembelajaran. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan secara induktif dimulai dari pengumpulan data, penganalisisan, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi dalam pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah tercakup dalam aktivitas pembelajaran dengan berbagai metode dan kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Pembelajaran literasi di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran literasi mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat memotivasi siswa dan guru dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi dan berkehidupan serta literasi dasar siswa (membaca, menulis, dan berbahasa lisan)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:02
Last Modified: 08 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14350

Actions (login required)

View Item View Item