PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII DI SMP IT IQRA’ KOTA BENGKULU

Astuti, Extis Yuli and Yulistio, Didi and Arono, Arono (2017) PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII DI SMP IT IQRA’ KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EXTIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yuli Astuti, Extis. 2018. Judul Pelaksanaan Program Remedial Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII di SMP IQRA’ Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FKIP. UNIB. Pembimbing Utama: Dr. Didi Yulistio, M. Pd., Pembimbing Pendamping: Dr. Arono, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Pelaksanaan program remedial pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP IT IQRA’ 1 Kota Bengkulu (2) Faktor-faktor penyebab dilaksanakan program remedial pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP IT IQRA’ 1 Kota Bengkulu.Pelaksanaan remedial meliputi waktu pelaksanaan, metode yang digunakan, jumlah siswa yang mengikuti, dan tempat pelaksanaan dan faktor-faktor penyebab meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program remedial waktu pelaksanaan program remedial dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Jumlah siswa yang melaksanakn remedial sebanyak 33 siswa. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program remedial yaitu pemberian tugas secara mandiri yang dikerjakan di rumah masing- masing. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa remedial mencakup (1) faktor internal yang meliputi 5 aspek yaitu kebiasaan belajar, percaya diri, sikap terhadap belajar, menyimpan perolehan hasil belajar dan menggali hasil belajar yang tersimpan, dan (2) faktor eksternal yaitu aspek kebijakan penilaian. Kata kunci: pelaksanaanprogram remedial

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:06
Last Modified: 08 Aug 2023 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14363

Actions (login required)

View Item View Item