PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Purnamasari, Lukita and Trianto, Agus and Gumono, Gumono (2018) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Lukita. 2018. Pelaksanaan Model Pembelajaran Pedagogi Genre di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing I Dr. Agus Trianto, M.Pd., Pembimbing II Dr.Gumono, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pedagogi Genre. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran pedagogi genre di kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini proses hasil belajar mengajar bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan menggunakan model pedagogi genre. Sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga langkah yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakanteknik analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu telah melaksanakan model pembelajaran pedagogi genre berdasarkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan empat tahap pembelajaran.Pelaksanaan model pembelajaran pedagogi genre tahap membangun pengetahuan terjadi dalam kegiatan ketika guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Mengenai tema materi pembelajaran yang akan dipelajari. Pada tahap ini belum terlaksana karena belum membangun pengetahuan siswa mengenai konteks materi yang akan dipelajari. Menelaah model , pada tahap ini guru memberi contoh yang ideal sesuai dengan materi yang di bahasa lalu siswa mengamati dan memahami unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi, tahap ini telah memenuhi KD yang harus dicapai yang ada di RPP guru. mengonstruksi terbimbing guru dan siswa bersama-sama mengidentifikasi teks yang ada pada buku siswa dan buku fiksi lainnya lalu guru menulis setiap kontribusi siswa di papan tulis, Pada tahap ini telah memenuhi KD yang harus dicapai. Mengonstruksi mandiri siswa membangun teks secara mandiri sesuai dengan buku fiksi yang telah di bacanya dan mengembangkan ide kreatif dalam mengembangkan teks sehingga siswa akan menghasilkan draf lalu guru meminta untuk memperbaiki tulisan mereka yang belum tepat. guru meminta siswa untuk memperbaiki kembali penulisan jika ada yang kurang tepat. setelah itu guru menugaskan siswa untuk mengkomunikasikan tulisan mereka masing�masing di depan kelas. Pada tahap ini guru hanya meninta siswa untuk menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang bisa dikomentari. guru tidak meminta siswa untuk membuat komentar tentang buku fiksi dan noniksi seperti KD yang harus dicapai yang tercantum di RPP guru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:25
Last Modified: 08 Aug 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item