Yuniarti, Nia and Arifin, M. and Padi, Utomo (2018) ANALISIS PERTANYAAN BACAAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA JENJANG SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
skripsi nia yuniarti (Repaired)-compressed-min.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Yuniarti, Nia. 2018. Analisis Pertanyaan Bacaan Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Jenjang SMP. Skripsi. Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Bengkulu. Pembimbing (I) Drs. M.Arifin, M.Pd., (II) Drs. Padi Utomo, M.Pd. Kata kunci: Pertanyaan, Bacaan, Taksonomi, Bloom. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP menggunakan dimensi kognitif Taksonomi Bloom dan berdasarkan ciri pertanyaan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan instrumen kartu data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP pada tingkat kognitif memahami (C2) mendominasi dengan proporsi persentase yang jauh lebih besar dibandingkan tingkat kognitif lainnya, yaitu 67% pada buku teks bahasa Indonesia kelas VII, 48,4% pada buku teks bahasa Indonesia kelas VIII, dan 47,2% pada buku teks bahasa Indonesia kelas IX. Kemudian, proporsi dalam buku teks kelas VII pada tingkat mengingat (C1) yaitu 3,8%, tingkat menerapkan (C3) 17,9%, tingkat menganalisis (C4) 16,5%, tingkat mengevaluasi (C5) 6,3%, dan tingkat berkreasi 1,3%. Proporsi dalam buku teks kelas VIII pada tingkat mengingat (C1) yaitu 7,4%, tingkat menerapkan (C3) 17,9%, tingkat menganalisis (C4) 4,2%, tingkat mengevaluasi (C5) 16,8%, dan tingkat berkreasi 5,3%. Proporsi dalam buku teks kelas IX pada tingkat mengingat (C1) yaitu 10,7%, tingkat menerapkan (C3) 2,5%, tingkat menganalisis (C4) 14,2%, tingkat mengevaluasi (C5) 19,3%, dan tingkat berkreasi 6,1%. Hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang baik, yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4, 30% untuk C5 dan C6. (2) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP masih ada kategori yang belum memenuhi ciri pertanyaan yang baik yaitu terdapat di dalam ciri nomor (3) Pertanyaan hanya untuk satu masalah, nomor (5) Jawaban bukan sekadar ya atau tidak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 09:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 09:02 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14384 |
Actions (login required)
View Item |