Noprilia, Noprilia and Utomo, Padi and Didi, Yulistio (2022) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN TEMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
S. Noprilia.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Noprilia 2021. Kemampuan Menulis Cerpen dengan Tema Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing utama Drs. Padi Utomo, M.Pd., Pembimbing Pendamping Dr. Didi Yulistio. M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen dengan tema Pademi Covid-19 pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yaitu semua siswa kelas XII IPA dan IPS SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Sedangkan sampel menggunakan simple total yaitu sebanyak 61 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemampuan menulis cerpen dinilai dari lima aspek, kesesuaian tema dengan isi, struktur teks, diksi atau pilihan kata, kalimat gaya bahasa, ejaan Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis cerpen dengan tema Pandemi Covid-19 pada siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu berkategori cukup dengan rata-rata skor 60,03 artinya bahwa proses pembelajaran menulis teks cerpen di sekolah secara keseluruhan sudah baik namun belum begitu maksimal. Berdasarkan aspek kesesuaian tema dengan isi kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 16,9 dengan kategori tinggi, aspek struktur teks kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 13,1 dengan kategori tinggi, aspek diksi atau pilihan kata kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 10,5 dengan kategori cukup, aspek kalimat gaya bahasa kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 13,2 dengan kategori cukup, dan pada aspek ejaan Bahasa Indonesia kemampuan menulis cerpen siswa rata-rata 4,9 dengan kategori rendah. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerpen, Pandemi Covid-19, Aspek.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 08:36 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14456 |
Actions (login required)
View Item |