Indah, Nopita Nurpa and Yunita, Wisma and Ira, Maisarah (2022) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY INDONESIAN STUDENTS' AT THE UNIVERSITY OF LEEDS IN THE UNITED KINGDOM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI NOPITA NURPA INDAH (A1B018008).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Indah, Nopita Nurpa. (2022). Language Learning Strategies used by Indonesian Students at University of Leeds in the United Kingdom. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. PU: Dr. Wisma Yunita, M.Pd. PP : Dr. Ira Maisarah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Indonesia selama belajar di Universitas Leeds di Inggris, hambatan yang dihadapi dalam menerapkan strategi pembelajaran dan cara mengatasi hambatan dalam menerapkan strategi pembelajaran. Partisipan dari penelitian ini adalah 30 mahasiswa Indonesia yang kuliah di University of Leeds. Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner diadopsi dari teori Oxford yang terdiri dari 50 pernyataan dengan lima pilihan jawaban: Tidak pernah atau hampir tidak pernah benar, biasanya tidak benar, agak benar, biasanya benar, dan selalu atau hampir selalu benar yang didistribusikan melalui formulir Google. Kemudian, peneliti melakukan wawancara melalui zoom meeting yang berfokus pada alasan dan pengalaman partisipan dengan strategi pembelajaran bahasa yang mereka gunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Leeds dominan menggunakan strategi Kognitif, Metakognitif dan Social (2) Mahasiswa Indonesia menghadapi beberapa hambatan dalam menerapkan strategi pembelajaran dan itu berasal dari dua faktor; faktor internal dan eksternal. (3) Mahasiswa Indonesia memiliki solusi tersendiri untuk mengatasi kendala dalam menerapkan strategi pembelajaran, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor tersebut yaitu kebiasaan belajar dan konsentrasi belajar diatasi dengan menetapkan tujuan sendiri dimana responden belajar untuk mencapai sesuatu dan merekam proses belajar-mengajar untuk memeriksa kesenjangan materi untuk menghindari kesalahpahaman dari kuliah. Kemudian untuk menghadapi perbedaan kepribadian dosen dengan bertanya kepada seniornya, agar mahasiswa dapat mempersiapkan strategi belajarnya dengan baik sebelum belajar. Sedangkan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat lokal, mahasiswa Indonesia mencari warga lokal yang memiliki kesamaan tujuan atau latar belakang, seperti teman mahasiswa lokal yang kuliah di universitas yang sama, sehingga topik pembicaraan akan lebih terarah dan bertujuan. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, maka direkomendasikan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri untuk mencari dan mempraktekkan berbagai macam strategi pembelajaran bahasa agar dapat mengetahui strategi pembelajaran yang tepat yang dapat diterapkan dalam situasi yang berbeda. Kata Kunci : Strategi-strategi pembelajaran bahasa, Mahasiswa Indonesia, Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:21 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 08:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14498 |
Actions (login required)
View Item |