Susanto, Fiqri and Arasuli, Arasuli and Sufiyandi, Sufiyandi (2022) AN ERROR ANALYSIS OF TRANSITION SIGNALS USED BY UNDERGRADUATE STUDENTS IN THEIR THESIS LITERATURE REVIEWS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI FIQRI SUSANTO A1B017063.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Susanto, F. 2022. An error analysis of transition signals made by undergraduate students in their thesis literature review. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Bengkulu. Penggunaan kata transisi yang tidak tepat dapat membuat gagasan dan makna dalam tinjauan pustaka tesis mahasiswa tidak dapat dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki kesalahan kata transisi dan penyebabnya. Desain penelitian adalah metode campuran. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 thesis literature review yang berasal dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu yang lulus pada bulan April 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui tabel checklist dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui tabel checklist dan wawancara. Teori surface taxonomy yang dikemukakan oleh James (2013) digunakan untuk menganalisis dan mengklasifikasikan kesalahan kata transisi yang dibuat oleh tinjauan pustaka tesis mahasiswa sarjana menjadi empat jenis. Selain itu, teori interlingual dan intralingual yang dikemukakan Richard and Schmidt (2010) digunakan untuk menganalisis penyebab kesalahan kata transisi yang dibuat oleh mahasiswa sarjana dalam tinjauan literatur tesis mereka. Hasil penelitian ini menemukan kesalahan omision sebanyak dua ratus tujuh puluh (270) kali atau enam puluh tiga koma delapan persen (63,8%), kesalahan addition sebanyak tujuh puluh empat (74) kali atau tujuh belas koma empat persen (17,4%), kesalahan misformation adalah tujuh puluh lima (75) kali atau tujuh belas koma tujuh persen (17,7%), dan kesalahan misordering sebanyak empat (4) kali atau nol koma sembilan puluh empat persen (0,94%). Sedangkan penyebab kesalahan sinyal transisi yang diperoleh melalui wawancara menunjukkan bahwa kesalahan intralingual sebanyak empat puluh lima (45) kasus, dan kesalahan interlingual sebanyak sembilan (9) kasus. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan penghilangan dalam penggunaan kata transisi merupakan kesalahan yang paling sering terjadi dan kesalahan intralingual merupakan kasus yang paling banyak mempengaruhi siswa dalam menggunakan sinyal transisi. Terakhir, peneliti menyarankan kepada dosen untuk kembali menekankan kata transisi dalam kegiatan belajar mengajar secara praktis dan teoritis. Kata Kunci: Kata transisi, Sinyal Transisi, Kajian Pustaka
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:23 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14519 |
Actions (login required)
View Item |