Susanto, Fiqri and Arasuli, Arasuli and Sufiyandi, Sufiyandi (2022) AN ERROR ANALYSIS OF TRANSITION SIGNALS USED BY UNDERGRADUATE STUDENTS IN THEIR THESIS LITERATURE REVIEWS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FIQRI SUSANTO A1B017063.pdf [thumbnail of SKRIPSI FIQRI SUSANTO A1B017063.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIQRI SUSANTO A1B017063.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
ABSTRAK
Susanto, F. 2022. An error analysis of transition signals made by undergraduate
students in their thesis literature review. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan
dan ilmu pendidikan. Universitas Bengkulu.
Penggunaan kata transisi yang tidak tepat dapat membuat gagasan dan
makna dalam tinjauan pustaka tesis mahasiswa tidak dapat dipahami oleh
pembaca. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki kesalahan kata transisi dan
penyebabnya. Desain penelitian adalah metode campuran. Subjek dalam
penelitian ini adalah 27 thesis literature review yang berasal dari mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu yang lulus pada
bulan April 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui tabel checklist dan
wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui tabel checklist dan wawancara.
Teori surface taxonomy yang dikemukakan oleh James (2013) digunakan untuk
menganalisis dan mengklasifikasikan kesalahan kata transisi yang dibuat oleh
tinjauan pustaka tesis mahasiswa sarjana menjadi empat jenis. Selain itu, teori
interlingual dan intralingual yang dikemukakan Richard and Schmidt (2010)
digunakan untuk menganalisis penyebab kesalahan kata transisi yang dibuat oleh
mahasiswa sarjana dalam tinjauan literatur tesis mereka. Hasil penelitian ini
menemukan kesalahan omision sebanyak dua ratus tujuh puluh (270) kali atau
enam puluh tiga koma delapan persen (63,8%), kesalahan addition sebanyak tujuh
puluh empat (74) kali atau tujuh belas koma empat persen (17,4%), kesalahan
misformation adalah tujuh puluh lima (75) kali atau tujuh belas koma tujuh persen
(17,7%), dan kesalahan misordering sebanyak empat (4) kali atau nol koma
sembilan puluh empat persen (0,94%). Sedangkan penyebab kesalahan sinyal
transisi yang diperoleh melalui wawancara menunjukkan bahwa kesalahan
intralingual sebanyak empat puluh lima (45) kasus, dan kesalahan interlingual
sebanyak sembilan (9) kasus. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan
penghilangan dalam penggunaan kata transisi merupakan kesalahan yang paling
sering terjadi dan kesalahan intralingual merupakan kasus yang paling banyak
mempengaruhi siswa dalam menggunakan sinyal transisi. Terakhir, peneliti
menyarankan kepada dosen untuk kembali menekankan kata transisi dalam
kegiatan belajar mengajar secara praktis dan teoritis.
Kata Kunci: Kata transisi, Sinyal Transisi, Kajian Pustaka
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:23 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14519 |