THE RHETORICAL STRUCTURE OF UNDERGRADUATE THESIS ABSTRACTS BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS: A COMPARATIVE CONTENT ANALYSIS STUDY

Hairani, Yuli and Safnil, Safnil and Syahrial, Syahrial (2022) THE RHETORICAL STRUCTURE OF UNDERGRADUATE THESIS ABSTRACTS BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS: A COMPARATIVE CONTENT ANALYSIS STUDY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YULI HAIRANI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hairani, Yuli. 2022. Struktur Retorika Abstrak Skripsi oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Studi Analisis Isi Komparatif Pembimbing I: Prof. Safnil, M.A., Ph.D., Pembimbing II: Dr. Syahrial, M.A., Ph.D. Abstrak merupakan salah satu bagian penting dari skripsi yang berisi ringkasan penelitian. Banyak penelitian yang meneliti tentang tahapan retorika, namun belum ada penelitian yang meneliti tentang tahapan retorika abstrak skripsi dari universitas yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan retorika abstrak skripsi yang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari tiga perguruan tinggi negeri di Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi analysis isi komparatif. Penelitian ini meneliti 42 abstrak skripsi yang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Bengkulu (UNIB), Universitas Negeri Padang (UNP), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 2021. Instrumen penelitian ini adalah observasi daftar cek. Data dianalisis dengan menggunakan kerangka tahapan retorika dari Swales dan Feak (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa abstrak skripsi mahasiswa bahasa Inggris dari ketiga perguruan tinggi negeri tersebut selalu menulis Tahapan 2, Tahapan 3, dan Tahapan 4 sedangkan Tahapan 5 masih absen dalam beberapa abstrak. Lebih lanjut, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNP dan UPI sering menulis Tahapan 1, sedangkan tahapan tersebut sangat jarang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNIB. Selain itu, terdapat perbedaan tahapan retorika abstrak skripsi antara universitas-universitas tersebut dimana abstrak skirpsi yang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNP dan UPI memiliki Tahapan retorika yang lebih lengkap daripada UNIB meskipun beberapa abstrak tidak memiliki Tahapan 1 dan Tahapan 5. Oleh karena itu, mahasiswa bahasa Inggris disarankan untuk memasukkan lima tahapan retorika dalam abstrak skripsi mereka. Kata kunci: abstrak, mahasiswa bahasa Inggris, tahapan retorika, abstrak skripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:24
Last Modified: 10 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14525

Actions (login required)

View Item View Item