Azzahrah, Meilianna and Canrhas, Amril and Emi, Agustina (2022) NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN ANDAI-ANDAI SERAWAI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
MEILIANNA AZZAHRAH A1A018011 (1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Meilianna Azzahrah, 2022. Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Andai-andai Serawai. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Drs. Amril Canrhas, M.S. Pembimbing Pendamping: Dra. Emi Agustina, M.Hum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menjelaskan nilai pendidikan dalam kumpulan andai-andai Serawai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dialektik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) membaca dan membuat sinopsis (2) mengkaji ulasan penyusun buku (3) menganalisis nilai pendidikan (4) mengkaji latar belakang sosial dan sejarah, dan (5) menyimpulkan hasil. Terdapat 12 judul cerita yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada kumpulan andai-andai Serawai terdapat nilai pendidikan yaitu (1) sikap anak terhadap orang tua (2) sikap orang tua terhadap anak (3) kejujuran (4) kesabaran (5) perbuatan baik. Nilai-nilai pendidikan ini ditunjukan untuk orang tua, anak, dan masyarakat luas. Nilai pendidikan dalam kumpulan andai-andai Serawai sangat berkaitan dengan kenyataan yang terjadi pada masyarakat Serawai yang menjunjung tinggi sikap sopan santun kepada orang tua, budaya dan adat istiadat. Kata kunci: Nilai Pendidikan, Andai-andai Masyarakat Serawai.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14533 |
Actions (login required)
View Item |