PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Heryanto, Michel Fransiska and Yulistio, Didi and Noermanzah, Noermanzah (2022) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Michel Fransiska H. A1A018109.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Michel Fransiska Heryanto, 2022. Pengaruh Media Audiovisual terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing utama Dr. Didi Yulistio, M.Pd., Pembimbing pendamping Dr. Noermanzah,M.Pd. Media audio visual memiliki kelebihan seperti menarik perhatian siswa karena memadukan suara dan gambar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen semu, membandingkan nilai pretes dengan posttes setelah penggunaan media audio visual. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu dengan sampel menggunakan teknik purposive, yakni atas dasar tujuan tertentu diambil siswa kelas VIII-A sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen penelitian berupa petunjuk dan rubrik penilaian hasil tes kemampuan menulis teks persuasi sebelum pembelajarandan setelah pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan rumus uji paired t-test, sebelum dilakukan uji hipotesis tentunya ada uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan rumus chi-square dan uji homogenitas menggunakan rumus uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menulis teks persuasi. Hal ini dibuktikan dengan uji t thitung>ttabel yaitu 7.570>2.045. jika dilihat dari sign (2-tailed) yaitu 0.000<0.05 maka Ho juga ditolak. Kata kunci: media, kemampuan menulis, teks persuasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:29
Last Modified: 11 Aug 2023 01:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item