PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG AGROWISATA KEBUN BELIMBING MERASI DI DESA Y. NGADIREJO KABUPATEN MUSI RAWAS

Titis, Pawestri Mustika Anggitasari and Irnad, Irnad and Zulkarnain, Yuliarso (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG AGROWISATA KEBUN BELIMBING MERASI DI DESA Y. NGADIREJO KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FULL_TITIS PAWESTRI MAS_E1D015067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Agrowisata merupakan salah satu kegiatan industri yang memanfaatlkan keaslian, keindahan dan kenyamanan alam, serta keunikan sebagai daya jual untuk menarik konsumen sehingga konsumen secara langsung akan mengunjungi tempat wisata yang diselenggarakan (Parsudi, 2017). Agrowisata Kebun Belimbing Merasi merupakan salah satu agrowisata perkebunan yang terdapat di Desa Y. Ngadirejo, Kab. Musi rawas. Agrowisata Kebun Belimbing Merasi menerapkan konsep wisata mandiri yang memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk bebas memilih dan memetik sendiri buah belimbing yang ada di agrowisata untuk dibawa pulang. Luas Agrowisata Kebun Belimbing Merasi adalah 1.,5 hektar dengan jumlah pohon belimbing sebanyak 800 batang. Agrowisata Kebun Belimbing Merasi yang merupakan milik Ibu Sumila ini menjadi agrowisata kebun belimbing pertama di wilayah Kabupaten Musi Rawas dan menjadi pelopor agrowisata perkebunan belimbing lainnya. Banyaknya agrowisata kebun belimbing yang baru menyebabkan adanya persaingan, sehingga pihak Agrowisata Kebun Belimbing Merasi harus berupaya untuk tetap mempertahankan pengunjungnya agar tidak berpindah ke agrowisata kebun belimbing yang baru. Salah satu upaya yang harus dilakukan pihak Agrowisata Kebun Belimbing Merasi untuk mempertahankan pengunjungnya adalah dengan membuat pengunjung merasa puas saat mengunjungi Agrowisata kebun Belimbing Merasi. Untuk menciptakan kepuasan pengunjung, pihak agrowisata harus memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pengunjung dan apakah pelayanan yang selama ini diberikan kepada pengunjung sudak sesuai dengan apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pengunjung Agrowisata Kebun Belimbing Merasi. Dalam kualitas pelayanan dibagi menjadi lima dimensi yaitu, bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Kelima dimensi inilah yang akan dijadikan acuan bagi agrowisata untuk melihat kepuasan pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan persentase penilaian pengunjung terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pihak Agrowisata Kebun Belimbing Merasi sebesar 77, 67% dan termasuk kategori sangat baik. Persentase kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan adalah sebesar 75, 83% dan tergolong sangat puas. Faktor�faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung adalah dimensi bukti langsung dan dimensi jaminan. Namun, secara bersamaan dimensi bukti langsung, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati mempengaruhi kepuasan pengunjung Agrowisata Kebun Belimbing Merasi. Kata Kunci : Agrowisata Kebun Belimbing Merasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:41
Last Modified: 24 Aug 2023 03:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14651

Actions (login required)

View Item View Item