PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU

Rum, Ahbi Mahdianing and Agus, Susanta (2020) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016022_Ahbi Mahdianing Rum_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

lingkaran di SMPN 1 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 3 tahapan dari model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan lembar efektivitas. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator. Kepraktisan LKPD diuji pada 35 peserta didik di kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Efektifitas LKPD diuji pada 32 peserta didik di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa pengembangan LKPD berbasis RME pada materi lingkaran di kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu termasuk kedalam kategori: (1) Valid berdasarkan 40 aspek penilaian yang terdiri dari 12 aspek penilaian materi, 20 aspek penilaian konstruksi, dan 8 aspek penilaian bahasa dengan rata-rata skor 4,11 yang diketahui dari (a) Pada validasi materi didapatkan bahwa LKPD dan materi yang disajikan telah sesuai dengan sintaks RME dan dapat membantu peserta didik memahami konsep, (b) Pada validasi konstruksi didapatkan bahwa LKPD memuat tulisan dan gambar yang jelas serta penampilan yang menarik, (c) Pada validasi bahasa didapatkan bahwa penggunaan kalimat jelas, sederhana dan telah sesuai kaidah bahasa indonesia yang benar. (2) Sangat praktis dari 14 aspek penilaian dengan rata-rata skor 4,51 yang diketahui dari petunjuk, langkah-langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD yang mudah dipahami serta mudah digunakan oleh peserta didik. (3) Sangat Efektif dengan rata�rata skor 4,56 yang diketahui dari langkah-langkah pada LKPD membimbing peserta didik memahami konsep, LKPD berbasis RME dapat memaksimalkan aktivitas peserta didik, memotivasi peserta didik dalam belajar, membantu peserta didik memahami materi, serta aktif dalam pembelajaran sehingga diperoleh hasil belajar yang tinggi dengan persentase ketuntasan 93,75%. Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, RME

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:05
Last Modified: 24 Aug 2023 07:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14691

Actions (login required)

View Item View Item