PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Andriani, Sisilia and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C016004_SISILIA ANDRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 36 peserta didik. Jenis Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar dengan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan penerapan RME dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dengan cara memberikan LKPD yang berisikan masalah kontekstual, membentuk diskusi kelompok yang heterogen berdasarkan kemampuan akademis dan kedekatan antar peserta didik, peserta didik diminta agar ikut andil dan bekerja sama dalam kegiatan kelompok dan menuliskan nama-nama yang ribut saat diskusi kelompok, serta peserta didik disetiap kelompok menyampaikan pertanyaan atau tanggapan kepada penyaji saat diskusi kelas berlangsung, dengan peningkatan rata-rata lembar observasi siklus I yaitu 20,125 (kriteria cukup) dan siklus II 25,875 (kriteria baik). Hasil belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi sebelumnya, mengkaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan, memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 62,80; 73,75 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II yaitu 52,77%; 69,44%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:27
Last Modified: 25 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item