HUBUNGAN DINAMIKA KELOMPOKDAN PERAN PENYULUH DENGANKINERJA KELOMPOK TANI DI DESA PADANG MERBAU KECAMATAN SELUMA SELATAN KABUPATEN SELUMA

Endri, Yani and Zulkarnain, Y and Ketut, Sukiyono (2021) HUBUNGAN DINAMIKA KELOMPOKDAN PERAN PENYULUH DENGANKINERJA KELOMPOK TANI DI DESA PADANG MERBAU KECAMATAN SELUMA SELATAN KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ENDRI YANI_E1D014165 CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Padang Merbau Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma pada bulan Mei 2021 penelitian ini bertujuan untuk(1) Menganalisis dinamika kelompok tani di Desa Padang Merbau, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma.(2)Untuk mengetahui kinerja kelompoktani di Desa padang merbau, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma.(3) Untuk menganalisis peran Penyuluh di Desa padangMerbau, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma.(4) Menganalisis hubungan dinamika kelompok dan Peran Penyuluh dengan kinerja kelompok tan ipadi di Desa Padang Merbau, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma. proporsional random sampling, yaitu teknik pengambilan sample dimana semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel sesuai dengan proporsinya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan Dinamika dan peran Penyuluh Terhadap kinerja Kelompo ktani yang mana Nilai Hubungan Dengan Peran penyuluh sebesar 0,361 yang menunjukkan bahwa hubungan antara dinamika terhadap kinerja kelompok tani memiliki keeratan hubungan lemah. Nilai signifiksani yang diperoleh sebesar 0,005 (Lampiran 20) yang berarti lebih kecil dari taraf nyata yang ditetapkan (P=0,005< α=0,05), hal ini menunjukkan adanya hubungan pada dinamika kelompok tani terhadap kinerja kelompok tani. Maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Peran penyuluh terhadap kinerja kelompok tani diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,568 yang menunjukkan bahwa variable peran penyuluh memiliki keeratan hubungan yang sedang. Nilaisi gnifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 (Lampiran 20) yang berarti lebih kecil dari taraf nyata yang ditetapkan (p=0,000 < α=0.05), hal ini menunjukkan adanya hubungan nyata dan positif pada variable peran penyuluh terhadap terhadap kinerja kelompok. Maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:29
Last Modified: 28 Aug 2023 07:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14902

Actions (login required)

View Item View Item