Gabriel, Alexander Marbun and Irnad, Irnad and Musriyadi, Nabiu (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KACANG SIHOBUK PADA UD MARTABE DI KECAMATAN SIPOHOLON KABUPATEN TAPANULI UTARA PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
Draft_Skripsi_Gabriel ACC print+nomor halaman (1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi konsep bauran pemasaran di lokasi UD Martabe dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kacang Sihobuk pada UD Martabe. Dalam penelitian ini dipilih UD Martabe karena kacang Sihobuk tersebut merupakan salah usaha yang sudah terkenal (popular) dan cukup besar yang ada di Kecamatan Sipoholon. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu UD Martabe. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode accidental sampling, teknik ini merupakan pengambilan sampel secara kebetulan atau sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang sudah ditentukan. Adapun untuk menentukan jumlah responden digunakan formula Virtucio, yaitu sebanyak 100 orang konsumen dijadikan sebagai responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang meliputi wawancara langsung dengan pengunjung yang datang membeli kacang Sihobuk ke UD Martabe dengan menggunakan kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh dari pustaka dan instansi-instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan studi litelatur. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan mencari fakta dengan interpretasi yang tepat dan Analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan PLS.Implementasi konsep bauran pemasaran baik dan Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Kacang Sihobuk baik, hasil penelitian seluruh variabel yaitu produk, harga, tempat dan promosi di UD Martabe semuanya baik. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel yang memiliki pengaruh Signifikan terhadap (Y) keputusan pembelian Kacang Sihobuk UD Martabe adalah (X1) produk dengan nilai t statistik 4.952 dan nilai P values sebesar 0.000, (X3) Tempat dengan nilai t statistik 3.539 dan P values 0.000 dan (X4) promosi dengan nilai t statistik 2.905 dan niali P values 0.004 sedangkan faktor (X2) harga dengan nilai t statistik sebesar 0.042 dan nilai P values sebesar 0.900 tidak berpengaruh signifikan terhadap (Y) keputusan pembelian. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Analisis SEM, UD Martabe
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 08:08 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 08:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14913 |
Actions (login required)
View Item |