PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN DANA DESA BERDASARKAN PERBEDAAN STATUS DESA DI KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Ine, Yunita Sari and Basuki, Sigit Priyono and Indra, Cahyadinata (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN DANA DESA BERDASARKAN PERBEDAAN STATUS DESA DI KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Ine Yunita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan dana desa di Kec. Taba Penanjung Kab. Bengkulu Tengah dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan dana desa di Kec. Taba Penanjung Kab. Bengkulu Tengah. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 17 orang responden dari desa Tanjung Heran dan 46 orang dari desa Rindu Hati. Berdasarkan pendapat tersebut, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 responden atau diambil sebesar 10% dari jumlah KK di desa Tanjung Heran dan desa Rindu Hati. Analisis data yang digunakan adalah skala likert dan rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan tingkat partisipasi antara desa Tanjung Heran dan desa Rindu Hati, dimana partisipasi masyarakat desa Rindu Hati lebih tinggi dibandingkan dengan partisipasi desa Tanjung Heran. Hal ini dapat dilihat dari total rata-rata skor pada desa Rindu Hati yaitu sebesar 181 yang berada pada kategori tinggi sedangkan partisipasi desa Tanjung Heran memiliki total rata-rata skor sebesar 121 yang berada pada kategori sedang. Partisipasi masyarakat desa Tanjung Heran dan desa Rindu Hati terhadap pemafaatan dana desa berbeda, dikarenakan proyek/kegiatan yang dibiayai oleh dana desa di desa Rindu Hati lebih banyak dibandingkan proyek/kegiatan yang ada di desa Tanjung Heran. Kata Kunci : Dana Desa, Partisipasi, Skala Likert, Rank Spearman.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:22
Last Modified: 28 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14917

Actions (login required)

View Item View Item