PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS IX KOTA BENGKULU

Normasari, Normasari, and Resnani, Resnani (2020) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS IX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NORMASARI SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV gugus IX kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD gugus IX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVC SDN 82 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 61 sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choice) yang diberikan melalui pretest dan sesudah posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh thitung sebesar 3,59 dan mata pelajaran IPA diperoleh thitung sebesar 4,60 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01, artinya thitung lebih besar dari ttabel. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 81,15, mata pelajaran IPA sebesar 86,53. Instrumen hasil belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan persentase yang dilakukan pada hasil lembar observasi, terdapat perbedaan hasil belajar aspek sikap dan keterampilan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Puzzle. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Teams Games Tornament, Media Puzzle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:23
Last Modified: 29 Aug 2023 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14923

Actions (login required)

View Item View Item