TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN IKAN KERING DI PROVINSI BENGKULU

Nidanawati, Nidanawati and Mustopa, Romdhon and Basuki, Sigit Priyono (2021) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN IKAN KERING DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRISPI NIDANAWATI (AGRIBISNIS) .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Setiap hari, manusia tidak lepas dari kegiatan konsumsi untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. salah satu produk olahan ikan yang sangat diminati masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Provinsi Bengkulu ialah ikan kering. Tingkat kepuasan konsumen penting untuk dilakukan, hal ini dikarenakan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk yang dibuat, sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap atribut kualitas produk dan mampu menjaga kualitas produk. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut produk ikan kering di Provinsi Bengkulu, (2) Untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen Ikan Kering di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bengkulu di Kelurahan Sumber Jaya (Kota Bengkulu) dan Kelurahan Koto Jaya (Kabupaten Mukomuko). Dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus – 18 September 2020. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan dihasilkan 60 responden. Pengukuran tingkat kepentingan menggunakan skala likert dengan jawaban penilaian konsumen (5) sangat penting, (4) penting, (3) cukup penting, (2) kurang penting, dan (1) tidak penting. Pengukuran tingkat kinerja juga menggunakan skala likert dengan jawaban penilaian yang sama juga yaitu (5) sangat baik/sangat puas, (4) baik/puas, (3) cukup baik/cukup puas, (4) kurang baik/kurang puas, (5) tidak baik/tidak puas. Nilai IPA (Importance Performance Analysis) diperoleh kesimpulan atribut-atribut yang nilai kepentingan dan kinerja di atas rata-rata menunjukan bahwa secara umum konsumen merasa puas dari beberapa atribut yang dinilai. Kualitas produk ikan kering di Provinsi Bengkulu khususnya yang pertama di Kelurahan Sumber Jaya (Kota Bengkulu) yang perlu ditingkatkan dan dianggap penting bagi konsumen diantaranya rasa, warna (mencolok atau tidak), kebersihan ikan kering, bau/aroma (menyengat atau tidak), tingkat kerenyahan, pelayanan pedagang (cepat, ramah, kemampuan komunikasi), kebersihan tempat penjualan, dan keakuratan timbangan saat melakukan penimbangan ikan kering. Kemudian kualitas produk ikan kering yang kedua di Kelurahan Koto Jaya (Kabupaten Mukomuko) yang perlu ditingkatkan dan dianggap penting bagi konsumen diantaranya ialah rasa, warna (mencolok atau tidak), harga, kebersihan ikan kering, bau/aroma dari (menyengat atau tidak), tingkat kerenyahan, efek samping dari kondisi tubuh setelah mengkonsumsi (gatal-gatal), kebersihan tempat penjualan, dan keakuratan timbangan saat melakukan penimbangan ikan kering. Nilai Customer Satisfaction Index di Kelurahan Sumber Jaya (Kota Bengkulu) sebesar 81,57% masuk pada kriteria sangat puas dengan nilai CSI diantara 81% - 100%. Sedangkan untuk Kelurahan Koto Jaya (Kabupaten Mukomuko) nilai CSI sebesar 79,17% yang artinya masuk pada kriteria puas dengan nilai CSI diantara 61% - 80%. Secara keseluruhan tingkat kepuasan konsumen ikan kering terletak antara selang 66%≤CSI≤80,99% (kategori puas). Kata Kunci : Konsumen, ikan kering, IPA, CSI

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:27
Last Modified: 29 Aug 2023 02:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item View Item